Blogger templates

Sabtu, 09 Mei 2015

Apa itu XAMPP?? Hantu kah? Pakaian kah??






APA ITU XAMPP?

           Bagi anda yang ingin memperdalam pembuatan web secara mendalam,maka sangat perlu anda mengetahui apa itu Xampp,Dengan Xampp pekerjaan anda sangat dimudahkan karena dapat menginstalasi dan mengkonfigurasi aplikasi di dalamnya dengan sekaligus dan otomatis.

           XAMPP singkatan dari X Apache MySQL PHP dan Perl merupakan aplikasi Devlopment yang dikembangkan oleh Apache Friends sebuah organisasi yang didirikan oleh Kai ‘Oswald’ Seidler. Dikutif dari situs resmi Apache Friends (apachefriends.org)   Oswald adalah salah satu pendiri asli dari Apache Friends. Ia lulus tahun 1999 dari Technical University of Berlin dengan gelar Diplom-Informatiker (setara dengan Master di bidang Ilmu Komputer). Di tahun 90-an ia membuat dan mengelola irc.fu-berlin.de Server IRCnet terbesar di Jerman, dan co-dikelola salah satu FTP anonim terbesar di dunia Server ftp.cs.tu-berlin.de. Dari tahun 1993 sampai 1998 ia adalah anggota dari “Projektgruppe Kulturraum Internet“, sebuah proyek penelitian yang berbasis di Berlin. Pada tahun 2006, buku ketiganya, Das XAMPP-Handbuch, diterbitkan oleh Addison Wesley. Dari tahun 2009 hingga 2011, ia menjabat sebagai Teknologi Evangelist untuk Web Tier Produk di Sun Microsystems / Oracle.
 
       Xampp telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.versi yang terbaru adalah revisi dari yang terdahulu,sehingga lebih baik dan lebih lengkap.aplikasi utama dalam paket Xampp yakni terdiri atas web server Apache,MySQL,PHP,dan PHPMyAdmin.
      Apache adalah sebuah web server open source,jadi semua orang dapat menggunakannya secara gratis,bahkan anda bisa mengedit kode programnya.fungsi utama dari Apache yakni menghasilkan halaman web yang benar sesuai dengan yang dibuat oleh seorang web programmer,dengan menggunakan kode PHP.
     PHP adalah bahasa pemograman untuk membuat web.dengan PHP anda dapat membuat halaman web yang dinamis.selain mendukung di sistem operasi Windows,PHP juga dapat di gunakan pada mac OS,Linux,dan sistem operasi yang lainnya.
     MySQL adalah sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP.PHP juga mendukung pada Microsoft Access,Database Oracle,d-Base,dan sistem manajemen database lainnya. SQL {Structured Query Language} adalah bahasa terstruktur yang digunakan secara khusus untuk mengolah database.dan MySQL merupakan sebuah sistem manajemen database.
     Dengan aplikasi yang juga open source ini,anda dapat membuat dan mengolah database beserta isinya,menambahkan,mengubah,dan menghapus data yang berada dalam database.diperlukan MySQL,dan PHPMyAdmin adalah salah satu aplikasi yang anda bisa gunakan.dengan PHPMyAdmin anda dapat membuat tabel,mengisi data,dan pekerjaan lainnya dengan mudah,tanpa harus mengafal perintahnya.






Apakah Fungsi Dari XAMPP?

       XAMPP berfungsi sebagai server offline yang berdiri sendiri (seringkali disebut sebagai localhost). XAMPP terdiri dari beberapa program yaitu Apache HTTP Server, MYSQL Database, PHP, dan Pearl. Program ini dapat kalian download secara gratis karena tersedia dalam lisensi GNU (General Public License). XAMPP terkenal sebagai program web server (localhost) yang mudah digunakan alias user friendly.


Mengapa Disebut Sebagai XAMPP?

       Sebenarnya XAMPP ini adalah sebuah singkatan, seperti yang sudah saya jelaskan secara singkat pada awal paragraph apa saja yang terdapat pada XAMPP.Akan tetapi sekarang saya akan mengulas lebih kecil mengapa di sebut XAMPP / di singkat XAMPP.
X

Maksudnya program XAMPP dapat dijalankan alias kompatibel di berbagai sistem operas seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris. Tapi saya agak bingung juga kenapa jadi huruf X yah?

A

A adalah kepanjangan dari APACHE. Sekedar tahu saja Apache merupakan sebuah aplikasi web server yang bertugas untuk menghasilkan halaman web (menerjemahkan) kode PHP dan MySQL yang ditulis oleh web programmer 

M

M adalah singkatan dari program MySQL. MySQL adalah sebuah aplikasi database server, sedangkan SQL ( Structured Query Language) merupakan sebuah bahasa pemrograman terstruktur yang digunakan untuk mengolah database.

P

P pertama adalah kepanjangan dari PHP. PHP sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman untuk membuat sebuah web yang sifatnya adalah server-side scripting. PHP akan memungkinkan kalian dalam membuat halaman web yang bersifat dinamis. Nah, Wordpress kan dinamis tuuh, mereka menggunakan PHP!

P

P terkahir adalah kepanjangan dari Perl. Perl juga merupakan bahasa pemrograman. Haha Ribet yaahh banyak amat bahasa pemrogramannya!

Jika hanya membaca tanpa praktik ibarat "Pandai membuat motor tapi tidak bisa naik motor".
Langsung aja nih ane kasih link downloadnya.



Silahkan Download XAMPP Terbaru untuk Windows dan Linux dan MAC OS versi 5.6.3 memiliki beberapa versi diantaranya :

XAMPP for Windows silahkan download pada link dibawah :
XAMPP for Linux silahkan Download pada link dibawah:
XAMPP for MAC OS X silahkan download disiini

XAMPP for Solaris silahkan download pada link dibawah:
Sekian artikel saya tentang apa itu XAMPP.Jangan lupa jika ada kritik dan saran masukkan saja pada kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar